Rabu, 11 Maret 2020

Produsen Seni Tembaga Melayani Prospek Kota Baubau

Produsen Seni Tembaga Melayani Prospek Kota Baubau . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa Tumang tsb diketahui sbg pusat perajin seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, juga lainnya tapi sekarang sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen cafe, rumah, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Indonesia juga manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke serang. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Kerajinan Logam adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dapat punya design sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan cukup beraneka ragam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain semestinya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain-lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tak sekadar menerima pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tetapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari solok. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna memproduksi seni tembaga yang berkualiti juga cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar