Rabu, 11 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Temanggung

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Temanggung . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung tsb disebut sebagai sentra produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, serta lain-lain tetapi masa ini sudah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan interior restoran, rumah, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dg naiknya orderan, baik orderan daerah dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Negara Tercinta serta luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka mau menolong para ahli kerajinan logam buat menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta manca negara. Teknologi internet begitu menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke jambi. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan.



Contoh Kerajinan Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan begitu beragam tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lain tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lain-lain, pebisnis Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang AA Gallery tidak sekedar memperoleh orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan interior kantor namun sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari kotamobagu. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti metode guna membuat kerajinan kuningan yang berkualiti serta cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar