Rabu, 11 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Utara

Pengrajin Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Minahasa Utara . Desa Tumang, Cepogo posisinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb disebut sebagai pusat industri seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga buat dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga lain-lain namun saat ini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan dekorasi hotel, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai bergairah dg naiknya pesanan, baik pesanan nasional atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi website maka mau menolong para perajin kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi website menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jambi.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga bermacam-macam namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yakni lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib kreatif juga wajib memantau keinginan prospek. Kini AA Gallery tak hanya mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari batam. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu cara untuk menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar