Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Langkat

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Langkat . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut diketahui sebagai sentra bisnis kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, & lainnya tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan tembaga buat kebutuhan interior masjid, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jateng, saat ini, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Republik Indonesia & manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah & manca negara. Teknologi website memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta pusat. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke makassar.



Contoh Kerajinan Logam adalah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya desain pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lain tentu saja akan dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lainnya, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dpt memperoleh harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam wajib kreatif & wajib memantau selera konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekedar memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi kantor tapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Tentang desain kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari palangkaraya. Berbekal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat kerajinan logam yang ber-quality & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar