Rabu, 11 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Luwu Timur

Produsen Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Luwu Timur . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tsb dikenal sbg sentra pengusaha seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Cepogo mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, dan sebagainya namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior masjid, rumah, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn naiknya permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya merupakan munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka ingin membantu para industri kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website amat membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palembang. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tomohon.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan logam sesuai dgn seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam amat bervariasi namun AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari daerah lain sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain, perajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekedar meraih permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari subulussalam. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar