Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Halmahera Timur

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Halmahera Timur . Desa Tumang, Jateng terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb disebut sbg sentra pengusaha seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Jateng. Banyak saudara Jateng membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Skill menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, & sebagainya akan tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior masjid, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai bergairah dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke blitar. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Kerajinan Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen jg dapat memesan kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dpt memiliki desain sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yakni beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, produsen Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan inovatif & diwajibkan menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tidak sekedar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tapi sudah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekedar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari jakarta selatan. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan seni kuningan yang bermutu & sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar