Rabu, 11 Maret 2020

Produsen Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Ponorogo

Produsen Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Ponorogo . Desa Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tersebut disebut sbg sentra pengrajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family di sana memilih kerja rumahan kerajinan logam buat dijual ke berbagai pasar. Keahlian mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, serta sebagainya namun sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior cafe, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia serta luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan logam buat mengenalkan produknya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke mojokerto. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke depok.



Contoh Seni Tembaga yakni lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya design pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam begitu beragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yakni lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga wajib kreatif serta wajib memantau permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tdk sekedar memperoleh permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tetapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu sahaja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari mataram. Berbekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu metode untuk memproduksi kerajinan tembaga yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar