Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Bangka Tengah

Industri Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Bangka Tengah . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra pengrajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan kuningan buat dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, ceret, and lainnya akan tetapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan ornamen hotel, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Republik Indonesia and luar negeri. Orderan kerajinan kuningan bertambah sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya adalah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tanjung balai. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bekasi.



Contoh Kerajinan Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini adalah beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain, pengusaha Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapat harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan wajib inovatif and wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan hiasan kantor tetapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari mojokerto. Berbekal pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat kerajinan tembaga yg berkualiti and sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar