Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lahat

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Lahat . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Desa tersebut diketahui sbg pusat pengrajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jateng membangun kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga lain-lain namun saat ini telah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris cafe, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Negara Kita juga manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya merupakan hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Kerajinan Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg dapat memesan kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin saja banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan begitu beraneka ragam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini merupakan lebih dari satu parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal sebab bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya tentunya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain, perajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diharuskan kreatif juga diharuskan memantau selera pasar. Kini AA Gallery nggak sekadar mendapat orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tapi telah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari langsa. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk membuat kerajinan tembaga yg berkelas juga cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar