Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Kutai Timur

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Kutai Timur . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali terletak di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra perajin seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, ceret, juga lainnya akan tetapi kini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan eksterior restoran, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari beragam wilayah di Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke magelang. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke madiun.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya tentu otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, industri Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tetapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari jakarta selatan. Bermodal pengalaman puluhan thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan seni tembaga yang berkelas juga cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar