Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sumba Timur

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sumba Timur . Desa Tumang, Jateng posisinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Desa tersebut dikenal sbg sentra bisnis seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa family Boyolali-Jateng membangun usaha di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill mengolah logam didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, dan lainnya walaupun demikian saat ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior cafe, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, masa ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka mau membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pagaralam. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jogja.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya desain pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini adalah beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lain semestinya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat memperoleh harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekadar memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor namun telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekadar satu saja tapi banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari serang. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik untuk memproduksi kerajinan logam yg berkualiti dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar