Rabu, 11 Maret 2020

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Ngawi

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Ngawi . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb disebut sbg sentra produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan logam untuk dijual ke berbagai pasar. Skill menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, & sebagainya akan tetapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi masjid, kantor, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Republik Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah & berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke serang. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke banten.



Contoh Seni Logam merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini merupakan lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain-lain, produsen Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib inovatif & wajib menyesuaikan keinginan masyarakat. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel namun telah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari binjai. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar