Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Soppeng

Industri Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Soppeng . Perkampungan Tumang, Boyolali posisinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan tsb disebut sbg sentra pengrajin seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Tumang mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam untuk dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, juga lainnya tapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, rumah, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan nasional maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita juga manca negara. Orderan kerajinan logam bertambah signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke tegal.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka bisa mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini yakni lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentu otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib kreatif juga wajib memantau selera pasar. Sekarang AA Gallery tdk cuma meraih permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk cuma satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari bekasi. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna menghasilkan seni kuningan yang berkualitas juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar