Rabu, 11 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kota Magelang

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kota Magelang . Desa Tumang, Jateng terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Desa tersebut diketahui sebagai pusat bisnis seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, serta sebagainya walau demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, gedung, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya permintaan, baik permintaan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di NKRI serta manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke denpasar. Nggak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke semarang.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Customer juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt memiliki design pribadi AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga sangat bervariasi walau demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu saja harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan wajib kreatif serta wajib memantau keinginan pasar. Saat ini AA Gallery tdk cuma mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun telah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk cuma satu saja melainkan banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari tomohon. Berbekal pengalaman puluhan tahun membuat seni logam, AA Gallery semakin mengetahui metode guna menghasilkan seni logam yg berkualiti serta cocok yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar