Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nagan Raya

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nagan Raya . Desa Tumang, Cepogo berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tersebut dikenal sbg pusat pengusaha kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, and lain-lain namun masa ini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, kantor, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia and luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke karawang. Tidak hanya itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, and lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah banyak faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain, produsen Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam harus kreatif and harus memantau keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tdk hanya mendapat orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor tetapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari mojokerto. Berbekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna menghasilkan seni kuningan yg memiliki kualitas and sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar