Rabu, 11 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Ende

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Ende . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra ahli seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa family Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lainnya tapi masa ini sudah berganti ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior restoran, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya merupakan adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi website amat membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sukabumi. Tak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.



Contoh Seni Kuningan merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan amat beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari daerah lain semestinya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lainnya, industri Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak cuma meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak cuma satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari sabang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni tembaga, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan seni tembaga yang memiliki kualitas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar