Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Magelang

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Magelang . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berlokasi di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sbg sentra ahli seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jateng memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, and lain-lain tetapi saat ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen masjid, rumah, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di Negeri Kita and manca negara. Orderan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and banyak negara. Teknologi website amat membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke singkawang. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jayapura.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Customer jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki design sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan amat bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dipakai juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para perajin kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain, perajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diharuskan kreatif and diharuskan memantau permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari palopo. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk memproduksi kerajinan kuningan yang ber-quality and cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar