Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Kotamobagu

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kota Kotamobagu . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan tsb diketahui sbg sentra industri kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada orang Tumang, Boyolali. Banyak saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, & sebagainya tetapi kini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan eksterior restoran, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, saat ini, mulai bergairah dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI & manca negara. Orderan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam buat menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke solok. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke palembang.



Contoh Seni Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini yakni banyak faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lainnya, ahli Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif & diharuskan memantau keinginan pasar. Sekarang AA Gallery nggak hanya mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tetapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari pontianak. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna menghasilkan seni kuningan yang berkelas & cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar