Rabu, 11 Maret 2020

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Musi Rawas Utara

Industri Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Musi Rawas Utara . Desa Tumang, Cepogo berlokasi diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb disebut sbg pusat pengusaha kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa family di sana memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah logam didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, juga lain-lain tapi sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo, kini, mulai bergairah dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negeri Kita juga manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka ingin menolong para ahli kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.



Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini ialah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lain-lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun telah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari pontianak. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin paham metode guna menghasilkan seni tembaga yang berkualitas juga sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar