Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Solok Selatan

Perajin Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Solok Selatan . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb diketahui sbg pusat pengusaha seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Banyak keluarga Boyolali-Jateng membangun usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, & lain-lain walaupun demikian saat ini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan ornamen masjid, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Negeri Kita & manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya adalah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke tomohon. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke surabaya.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya design sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah karena bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain, produsen Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat meraih harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan prospek. Saat ini AA Gallery nggak cuma meraih permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah namun sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak cuma satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari bandaaceh. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk menghasilkan kerajinan tembaga yg berkualiti & sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar