Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Klaten

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Klaten . Kampung Tumang, Boyolali berada diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Kampung tsb diketahui sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Banyak family Tumang mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Keahlian mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, dan sebagainya walaupun demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior masjid, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, kini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Pesanan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka mau membantu para industri kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet amat membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke tegal. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tual.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini merupakan banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lain-lain, industri Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga wajib inovatif dan wajib menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery tdk sekedar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior kantor tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari tangerang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk menghasilkan seni kuningan yg ber-quality dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar