Rabu, 11 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sleman

Perajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sleman . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai sentra industri seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak family Tumang mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, & lainnya akan tetapi saat ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan interior restoran, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai menarik dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita & manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga semakin cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi internet maka akan membantu para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi internet membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke samarinda. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam beragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini yakni banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu akan ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lainnya, pengrajin Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt meraih harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan inovatif & diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Kini AA Gallery nggak sekadar meraih permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekadar satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari pekalongan. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk memproduksi kerajinan logam yang bermutu & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar