Rabu, 11 Maret 2020

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Luwu Utara

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Luwu Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng terletak diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sbg pusat produsen seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Tumang memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam pasar. Skill menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, baskom, & lainnya walau demikian kini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior restoran, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari beragam wilayah di Republik Indonesia & luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi internet menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke serang. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke karawang.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya juga murah karena bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentunya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lain tentunya auto dikenai ongkir.

Kendala para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan diharuskan kreatif & diharuskan memantau keinginan pasar. Kini AA Gallery tidak hanya mendapat pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari pariaman. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode guna membuat kerajinan tembaga yg memiliki kualitas & cocok yg diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar