Rabu, 11 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kota Tegal

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kota Tegal . Perkampungan Tumang, Cepogo terletak diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tsb diketahui sebagai sentra pengusaha seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak family di sana memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, & lain-lain namun sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan interior cafe, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negara Kita & manca negara. Orderan kerajinan kuningan meningkat cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi website amat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke solo. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palembang.



Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan amat bermacam-macam namun AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain, produsen Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan masyarakat. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari pontianak. Bermodalkan pengalaman puluhan th memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar